Reza Khuro K.

Gudangnya Ilmu IT

Friday, January 19, 2018

Pengertian dan Komponen Dasar Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer


  Jaringan komputer adalah dua, sepuluh, atau bahkan ribuan komputer yang dihubungkan bersama melalui saluran telekomunikasi (kabel atau tanpa kabel) untuk tujuan komunikasi dan sharing data. Selain itu jaringan komputer memungkinkan terjadinya sharing atau ‘berbagi’ sumber daya seperti penggunaan sebuah printer secara bersama-sama (printer sharing), CD-ROM, harddisk, program aplikasi, dan sebagainya.
  
   Sebagai contoh, satu printer dan satu scanner dapat diatur sehingga “melayani” dua komputer. Hal ini dimungkinkan karena adanya jaringan yang menghubungkan kedua komputer tersebut dengan printer dan scanner.


Komponen Dasar Jaringan Komputer

1.Komputer
   Dalam jaringan, secara umum komputer dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu komputer server dan komputer client. Dari sebutannya ‘server’ atau berarti pelayan, komputer server bertindak untuk melayani computer-komputer lainnya dalam sebuah jaringan. Secara fisik, komputer server bisa saja tidak berbeda dengan computer lainnya. Akan tetapi, mengingat tugasnya yang berat, server yang sesungguhnya memiliki kinerja yang lebih baik seperti kecepatan prosessor, besarnya memori (RAM), serta jumlah dan kapasitas harddisk. Namun demikian, pada praktiknya, computer biasa pun dapat digunakan (dengan segala keterbatasannya) sebagai server.


2.Perangkat Jaringan
Perangkat lain yan digunakan dalam sebuah jaringan komputerdiantaranya adalah sebagai berikut.

a.NIC (Network Interface Card)
   NIC sering disebut Ethernet card, LAN card, network card, atau network adapter. Perangkat keras ini dipasang pada komputer secara internal melalui slot PCI pada motherboard atau secara eksternal melalui port USB atau PCMCIA.



b.Hub/Switch
Hub/switch merupakan perangkat penting untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan. Ukuran sebuah hub/switch ditentukan oleh jumlah port. Semakin banyak port yang dimiliki oleh hub/switch semakin banyak komputer dapat dihubungkan dalam jaringan.





c.Router
   Router adalah sebuah perangkat jaringan yang bertugas menghubungkan antarjaringan yang berbeda arsitekturnya. Sebuah router akan menerima paket-paket data dari internet dan mengirimkan paket paket data tersebut menuju sebuah alamat IP tertentu.







d.WAP (Wireless Acces Point)
   Dalam jaringan komputer, selain menggunakan switch sebagai penghubung antarnode, dapat pula digunakan perangkat titik akses nirkabel WAP, yaitu suatu perangkat yang dapat menghubungkan komputer yang dilengkapi dengan fasilitas WiFi kedalam jaringan komputer.






e.Modem
   Modem juga perangkat jaringan yang khusus digunakan untuk menghubungkan jaringan computer lokal dengan jaringan internet. Tanpa modem, sebuah jaringan komputer tidak dapat melakukan akses ke jaringan internet.





~Terimakasih telah menunjungi blog ini semoga bermanfaat yaa~
jangan lupa kasih komen biar blog ini makin maju


tags : pengertianjaringaninternet, komponendasrinternet, artikeltentanginternet, internet, jaringankomputer, pengertiandankomponendasarjaringankomputer

No comments:

Post a Comment